Fandi Net

blog Fandinet menyajikan trik dan tips seputar blogger, youtube, belajar jadi seorang blogger serta youtuber dan ada ino menarik yang unik di sekitar kita.

Beberapa Faktor Penyebab Traffik Blog Turun Secara Drastis Dan Cara Mengatasinya

  • Script Iklan di sini

    Beberapa Faktor Penyebab Traffik Blog Turun Secara Drastis Dan Cara Mengatasinya - seorang blogger pasti akan berlomba lomba untuk meningkatkan traffik blognya. mulai dari belajar SEO, hingga membuat artikel yang unik. namun ada kalanya traffik blog akan naik turun, dan hal itu sudah sangat wajar.

    namun yang menjadi masalah adalah ketika traffik blog tersebut turun secara drastis, dan hal itu bisa membuat blogger merasa stres dan malas untuk mengelola blognya. terjadinya penurunan traffik blog secara drastis dalam waktu yang lama bisa jadi sebuah bencana bagi blogger, terlebih jika blog tersebut merupakan satu satunya sumber penghasilan blogger di dunia maya.

    untuk mengembalikan traffik blog yang menurun tajam, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang menjadi penyebab traffik blog tersebut bisa turun secara drastis. ada banyak penyebab traffik blog mengalami penurunan secara drastis, mulai dari masalah internal blog itu sendiri sampai masalah external.

    berikut beberapa faktor yang biasanya menyebabkan traffik blog tersebut menurun drastis:

    1. adanya pergantian nama domain

    salah satu faktor penyebab traffik blog menurun secara drastis adalah pergantian nama domain. hal ini yang pernah mas fandi alami sendiri, dimana sebelumnya traffik blog yang lumayan dan sesudah mengganti nama domain traffik blog turun drastis bahkan menjadi 0 pengunjung.

    setelah mempelajari hal ini ternyata penggantian nama domain sangat berpengaruh terhadap kunjungan blog. sebagai contoh ketika awal kita memiliki nama domain www.blogawal.blogspot.co.id dan kita ganti nama domainnya menjadi www.blogbaru.blogspot.co.id, maka pada mesin pencari yang terdaftar adalah nama domain awal, dan ketika ada yang mencari artikel di blog kita maka yang disarankan oleh mesin pencari adalah nama domain lama, dan hasilnya otomatis akan dibawa ke alamat blog yang tidak ada atau not found.

    sedangkan pada nama domain baru menurut mesin pencari dianggap sebagai blog yang masih baru, walaupun umur blog sudah lama. untuk itu jangan sekali kali mengganti nama domain ketika blog kita sudah cukup dikenal.

    selain kehilangan pengunjung setia blog kita, mengganti nama domain akan membuat kita kehilangan pengunjung organik, dan juga semua backlink yang sudah kita bangun akan hilang.

    trik jitu menghasilkan uang bermodal blog

    2. adanya perubahan algoritma mesin pencari

    google yang merupakan mesin pencari terbesar di dunia selalu mengupdate perubahan pada algoritma mesin pencari, hal tersebut rutin dilakukan untuk meningkatkan relevensi dari mesin pencari. perubahan algoritma tersebut bisa jadi akan membuat traffik blog kita turun secara drastis atau bahkan bisa naik.

    lantas apa yang bisa kita lakukan apabila terjadi perubahan algoritma mesin pencari. maka jawabannya adalah kita harus menyesuaikan dengan algoritma mesin pencari tersebut, kita harus mengedit ulang blog kita. seperti yang terjadi beberapa tahun lalu dimana google merubah algoritma mesin pencari yang mobile friendly maka blog kita juga harus menyesuaikan kesana.

    3. blog terkena penalti dari mesin pencari

    salah satu penyebab dari penurunan traffik blog adalah karena terkena penalty dari google. hal tersebut terjadi karena mungkin kita melakukan cara meningkatkan traffik blog dengan cara yang tidak sesuai dengan kebijakan google. seperti membangun backlink di komentar blog orang lain, atau main tembak keyword dalam artikel.

    dalam kasus ini, google tidak secara langsung menunjukkan kesalahan kita, namun kita bisa melihat dari penurunan traffik blog kita, atau bahkan blog kita yang dihapus oleh pihak google.

    4. melakukan optimasi SEO yang sangat berlebihan

    optimasi SEO memang sangat diperlukan untuk memaksimalkan blog kita di mesin pencari, baik itu optimasi SEO on page maupun Off page. bila kedua optimasi itu dilakukan maka pencarian blog kita akan maksimal.

    namun yang perlu diketahui, jangan melakukan optimasi SEO secara berlebihan, karena hal ini akan kurang bagus menurut mesin pencari. walau secara langsung tidak ada takaran khusus dalam optimasi SEO, namun sebaiknya gunakan optimasi sewajarnya saja, agar tidak dianggap spam oleh mesin pencari.

    5. terlalu banyak artikel musiman dalam blog

    artikel musiman akan mampu meningkatkan traffik blog secara drastis ketika artikel musiman tersebut masih ramai dibicarakan. namun artikel musiman juga akan berdampak pada penurunan blog secara drastis ketika pembahasan artikel itu sudah tidak dibahas lagi.

    pada dasarnya artikel itu ada dua macam, yaitu artikel musiman dan artikel abadi. artikel musiman merupan artikel yang ramai dibicarakan dalam waktu tertentu dan akan ditinggalkan seiring waktu, sedangkan artikel abadi adalah artikel yang pembahasannya tidak dibatasi waktu dan akan terus dibicarakan.

    artikel musiman memiliki kelebihan akan membuat traffik blog kita naik dalam waktu tertentu, namun akan turun seiring waktu. sedangkan artikel abadi akan cenderung stabil tanpa dipengaruhi waktu. sebagai contoh artikel musiman adalah artikel yang membahas tentang berita artis, dimana ketika artis tersebut ramai dibicarakan, maka artikel kita akan memiliki banyak traffik, namun ketika artis tersebut karirnya mulai meredup maka secara otomatis artikel kita akan sepi pengunjung. sedangkan contoh artikel abadi adalah artikel yang membahas tentang blog, selama teknologi dan dunia perbloggeran masih berkembang, maka artikel seperti ini akan terus dicari.

    kelebihan dan kekurangan ngeblog dari komputer dan android

    6. permasalahan backlink

    yang bisa menyebabkan traffik blog menurun adalah cara kita yang salah dalam membangun backlink. cara membangun backlink yang dianggap spam oleh mesin pencari adalah membangun backlink dikolom komentar blog, terlebih blog yang tidak sesuai dengan isi blog kita.

    hal tersebut akan menaikkan traffik blog kita dalam waktu tertentu, namun ketika mesin pencari sudah mengetahui maka backlink kita akan dianggap spam dan hasilnya blog kita akan kurang bagus dimata mesin pencari, dan akan mengalami penurunan traffik blog.

    ada banyak cara yang dianjurkan dalam membangun backlink, seperti membangun backlink dalam sebuah forum yang relevan, atau backlink di blog yang sudah memiliki nama.

    dalam membangun sebuah backlink yang perlu diperhatikan adalah backlink yang berkualitas. backlink berkualitas lebih baik dari kuantitas.

    7. kehilangan backlink

    jika pada tulisan diatas, penurunan traffik blog dikarenakan permasalahan backlink yang dianggap spam, maka yang ini penyebab penurunan traffik blog disebabkan karena backlink yang hilang. hilangnya backlink ke blog kita terjadi karena backlink kita dihapus oleh si pemilik blog yang kita tempati backlink.

    untuk melihat jumlah backlink pada blog kita, kita bisa masuk ke google webmaster tool > lalu lintas penelusuran > tautan kesitus anda.

    untuk mengetahui jumlah backlink yang masuk ke situs anda kita bisa menghitung jumlah backlink. bila ternyata ada pengurangan backlink maka kita bisa mengetahui penyebab menurunnya traffik blog kita disebabkan oleh berkurangnya backlink ke blog kita.

    8. banyak ditemukannya page not found 404

    hal berikutnya yang menyebabkan traffik blog menjadi menurun karena banyak ditemukannya page not found 404. munculnya page note found pada sebuah blog bisa disebabkan oleh:

    - adanya halaman blog yang sudah dihapus, atau kita mengetikkan link yang salah.

    - terdapatnya link keluar yang kita jadikan rujukan ternyata sudah dihapus oleh si pemilik blog. ada baiknya kita mengecek link dalam blog kita, dan bila ditemukan link rusak, maka segeralah kita menggantinya.

    dampak ditemukannya page not found kebanyakan karena kita mungkin dengan sengaja atau tidak menghapus artikel dalam blog kita, tanpa kita sadari meskipun menghapus artikel kita ternyata di pencarian search enggine masih ada link kita. ketika seseorang mengklik halaman kita dan tidak ditemukan halaman tersebut maka hal tersebut secara tidak langsung akan mengurangi UX Faktur (user experience/ pengalaman pengguna. jika pengalaman pengguna buruk bisa jadi dapat menurunkan reputasi blog kita di search enggine yang berdampak penurunan kunjungan blog organik.

    tutorial promosi blog di search enggine untuk meningkatkan traffik blog

    9. jarang untuk update artikel terbaru

    jarang update artikel bisa jadi akan menurunkan traffik blog kita. penurunan traffik tersebut tidak akan terjadi secara drastis, namun terjadi dengan perlahan. untuk itu ada baiknya kita selalu update artikel di blog kita, untuk menghindari penurunan traffik blog tersebut. jika tidak membuat artikel baru, ada baiknya kita merefisi artikel lama kita yang dirasa telah usang.

    10. template blog yang kurang cocok

    hal utama yang membuat pengunjung blog betah membaca artikel kita adalah karena template blog yang sesuai. dalam hal ini tampilan blog harus human friendly. memiliki tampilan yang bagus namun pengunjung blog susah membaca artikel atau warna template yang kurang sesuai bisa membuat pengunjung merasa jenuh bahkan sebelum membaca artikel kita. ini yang pernah mas fandi alami, ketika pertama belajar blog, karena semangatnya ngeblog, jadi semua tutorial di internet di masukkan di blog, termasuk template yang aneh aneh. hasilnya bukan malah baik, justru banyak komentar dari pengunjung blog yang menyatakan malas membaca artikelnya, malahan ada yang langsung pergi. hal tersebut dikarenakan penggunaan background yang kontras dengan tulisan, serta penggunaan font yang malah menyulitkan para pengunjung untuk membaca.

    11. terlalu banyak artikel sampah di blog

    yang lagi rame beberapa waktu kemarin adalah banyaknya artikel sampah di internet. kenapa mas fandi bilang artikel sampah, karena artikel tersebut tidak memberi manfaat kepada para pembacanya. sebagai contoh yang disebut artikel sampah adalah artikel yang biasanya berisi berita hoax, berita yang heboh namun tidak terbukti kebenarannya. bahkan sebagian berpendapat " ngak hoax, ngak makan". hal tersebut sudah jelas pembodohan dan tidak memiliki manfaat. sebagai pembaca yang cerdas, bila menjumpai artikel semacam itu yang saya lakukan adalah meninggalkan blog tersebut atau bahkan melaporkannya. hal tersebutlah yang ada dalam ingatan pembaca, dan ketika mereka menjumpai link blog tersebut lagi, jangankan untuk membaca artikelnya, mengklik linknya saja sudah malas.

    12. berhenti share di media sosial

    yang membuat penurunan traffik blog secara drastis bisa juga disebabkan karena kita berhenti menggunakan media sosial untuk promosi blog. tidak bisa dipungkiri, media sosial merupakan lahan untuk mendapatkan pengunjung. namun ketika kita berhenti meng share artikel maka secara otomatis kita akan kehilangan sebagian pengunjung kita.

    bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, ngeblog dapat duit

    setelah mengetahui beberapa penyebab traffik blog menurun maka kita bisa menganalisa apa yang harus dilakukan agar traffik blog kembali seperti semula. berikut beberapa cara mengembalikan traffik blog agar kembali naik:

    1. gunakan template yang nyaman

    hal pertama yang perlu dilakukan agar traffik blog tidak turun adalah dengan membuat pengunjung betah, hal ini dengan cara memilih template yang bagus. bagus dalam artian template yang keren, namun lebih ke sebuah template yang membuat tampilan blog jelas, sesuai dengan tema dan tidak mengganggu pengunjung yang membaca artikel. pilihlah template yang sederhana dengan warna yang tidak kontras dengan tulisan diartikel.

    2. buat pengunjung merasa nyaman

    selain template yang bagus, satu hal yang membuat pengunjung nyaman adalah adanya komunikasi dua arah antara blogger dengan pengunjung. pengunjung akan merasa nyaman apabila kita selalu aktif dalam menjawab setiap pertanyaan atau selalu menerima kritik dan saran dari pengunjung blog.

    3. patuhi kebijakan dari google

    satu hal yang membuat blog kita bisa awet adalah dengan menjadi blogger yang sehat. buatlah konten yang baik dan tidak melanggar pedoman komunitas maupun pedoman hak cipta dari google. jangan sampai blog kesayangan kita hilang dari search enggine hanya karena kita melanggar kebijakan dari google.

    4. perbaiki link yang mati

    selalu jadwalkan untuk mengecek setiap link yang ada pada blog. ganti link yang mati maupun link yang rusak dengan link yang relevan dengan isi artikel pada blog kita.

    5. jangan melakukan spam dalam membangun sebuah backlink

    agar reputasi blog kita tetap bagus dimata search enggine, ada baiknya janganlah asal asalan dalam membangun backlink, terlebih lagi membangun backlink dengan cara spam. seperti komentar di blog orang lain yang tidak sesuai dengan isi artikel kita, dan hal tersebut bukannya bagus, malah akan membuat reputasi blog kita makin buruk.

    6. jadwalkan untuk update artikel

    agar traffik blog tidak turun, maka kita harus selalu update artikel kita. penting bagi kita untuk menjadwalkan update artikel, agar blog kita tidak tenggelam.

    7. rutin share artikel

    share artikel kita di media sosial agar orang mengetahui blog kita. namun yang perlu diingat jangan asal asalan dalam mengshare artikel, karena bisa membuat blog kita dianggap nyepam. share artikel bermanfaat di sosial media, agar orang yang memang membutuhkan info terssebut tahu dan mengingat akan blog kita.

    8. buat artikel yang bermanfaat

    satu lagi yang terpenting dalam membuat artikel yaitu buatlah artikel yang bermanfaat untuk orang lain. artikel yang bermanfaat dan dicari pembaca akan bagus untuk reputasi blog. sebaliknya membuat artikel dengan berita hoax hanya untuk mencari sensasi sangat tidak bagus karena akan membuat blog kita dianggap melanggar kebijakan dari google yang dapat berakhir dengan dihapusnya blog kita.

    baca juga:

    ngeblog dengan hati, kunci sukses menjadi blogger sejati
    jadi blogger bermodal android, ini aplikasi yang memudahkan ngeblog dengan android
    tips membangun sebuah blog bagi pemula hingga menghasilkan

    Sekian informasi ini saya berikan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

    1 komentar:

    BENDERAQQ Kini Hadir Dengan Tampilan Design Terbaru , Dengan Bonus Cashback 0.5 %, Gabung di BENDERAQQ.COM TIDAK ADA RUGINYA , Dapatkan JEKPOT Ratusan Juta dan DOUBLE CASHBACK Dibagikan Seminggu 2x ;)

    Link untuk daftar : bendera99.tk

    CONTACT :
    BBM : D1CD3A22
    Livechat : www.qqbendera.com
    Tel / sms : +855.155.90751
    Whatssapp : +855.155.90751

     
    Copyright © 2017