Fandi Net

blog Fandinet menyajikan trik dan tips seputar blogger, youtube, belajar jadi seorang blogger serta youtuber dan ada ino menarik yang unik di sekitar kita.

Arti Dan Makna Tembang Macapat Jawa Yang Kental Akan Filosofi Hidup

  • Script Iklan di sini
    Arti Dan Makna Tembang Macapat Jawa Yang Kental Akan Filosofi Hidup - Tembang macapat - bagi sebagian orang jawa mungkin sudah tahu tentang tembang macapat atau setidaknya pernah mendengar tembang macapat ini. tembang macapat sendiri sampai saat ini masih dilestarikan dikalangan orang jawa. namun tidak banyak yang tahu tentang arti dan makna dari tembang macapat ini.
    pada dasarnya tembang macapat dibagi menjadi 11 tembang, yang setiap tembang memiliki karakter dan dan ciri yang berbeda, memiliki wataknya sendiri, dan memiliki aturan - aturan kusus dalam membuatnya.
    adapun bagian dari tembang macapat tersebut adalah:
    1. maskumambang
    maskumambang sendiri diartikan sebagai awal dari kehidupan dimana diartikan sebagai janin yang masih dalam kandungan ibu ketika sedang hamil. arti maskumambang sendiri banyak yang mengartikan sebagai maskumambang atau emas kumambang ( emas yang terapung) ada pula yang menyebutnya maskentir ( emas yang terhanyut)
    2. mijil
    tembang mijil menggambarkan tentang awal hadirnya manusia di dunia atau keluarnya manusia dari gua garbo si ibu. kata lain dari mijil dalam bahasa jawa adalah wijil, wiyos, raras, medal, sulastri, yang memiliki arti keluar.
    3. kinanti
    tembang kinanthi sendiri banyak orang yang meyakini berasal dari kata di kanthi kanthi atau dalam bahasa indonesia bisa berarti diarahkan, dibimbing dan di dampingi.
    4. sinom
     tembang sinom sendiri berasal dari kata sinom atau yang berarti daun asam yang masih muda. ada pula  kalangan yang mengartikan sinom sebagai si enom (yang muda)
    5. asmaradana
    tembang asmaradanan sendiri diartikan sebagai gejolak asmara yang dilalui manusia. dari katanya sendiri asmaradana berasal dari kata asmara dan dahana yang berarti api asmara.
    6. gambuh
    tembang gambuh diartikan sebagai sebuah kecocokan, sepaham dan sikap bijaksana. sikap bijaksana sendiri diartikan mampu menempatkan diri pada porsi dan tempatnya.
    7. dandanggula
    dandanggula sendiri berasal dari dua kata dandhang yang berarti burung gagak pembawa duka dan kata gula yang berarti sesuatu yang terasa manis yang berarti suka. hal ini memiliki arti sebuah kebahagiaan dapat tercapai setelah sepasang manusia sudah melampaui suka dan duka dalam berumah tangga.
    8. durma
     tembang durma sendiri menggambarkan kesombongan, keangkuhan, keserakahan, dan suka mengumbar hawa nafsu. semua sifat buruk inilah yang mungkin digambarkan dalam tembang macapat durma. durma sendiri bagi sebagian kalangan diartikan sebagai kata "munduring tata krama" atau dalam bahasa indonesia diartikan sebagai mundurnya tata krama.
    9. pangkur
    tembang pangkur sendiri memiliki kata lain yaitu mungkur atau dalam bahasa indonesia berarti mundur atau mengundurkan diri, hal ini memberi gambaran dimana pada fase tertentu manusia akan mengundurkan diri dari kehidupan duniawi menuju dunia spiritualnya.
    10. megatruh
    tembang megatruh sendiri menggambarkan kondisi manusia saat menghadapi sakarotul maut. megatruh sendiri diyakini berasal dari kata pegat/ megat yang berarti berpisah dan dari kata ruh ,yang memiliki arti perpisahan antara jiwa dengan raga.
    11. pucung
    tembang pucung sendiri menggambarkan tentang badan wadah yang ditinggalkan oleh ruhnya. biasanya badan wadah atau jasad akan disucikan sebelum dikembalikan ke ibu pertiwi (tanah). jasad akan dimandikan dan dibungkus dengan kain mori putih yang melambangkan arti kesucian.

    itulah sedikit arti dan makna dari tembang macapat yang memiliki arti dan makna tentang kehidupan manusia di dunia. tradisi dan sejarah dari jawa banyak diyakini memiliki arti dan makna yang mendalam bagi kehidupan kita saat ini. untuk itu sebagai generasi muda kita harus tahu dan melestarikan tradisi jawa agar selalu lestari dan dapat diketahui oleh anak cucu kita nantinya.
    terima kasih sudah membaca artikel dari mas fandi, jangan lupa untuk komentarnya saya tunggu. salam dari muslim jawa.....
    assalamualaikum....

    Sekian informasi ini saya berikan dan semoga bermanfaat.

    Related Post


    Facebook Google+ Twitter Digg Reddit

     
    Copyright © 2017